Tugas 2 : rekayasa lalulintas

Bahan kuliah Rekayasa lalu lintas 1_ Definisi dan Ruang Lingkup



DEFINISI DAN RUANG LINGKUP LALU LINTAS

Ø  Rekayasa lalulintas, bidang yang relatif masih baru dari semua bidang yang tercakup dalam ruang lingkup Teknik Sipil.
Ø  bidang ilmu ini memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan dan pengolahan prasarana terutama pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan transportas
  1. Berikut ini adalah definisi-definisi dari Institute of Transportation Engineer, USA.
  •   Rekayasa Lalulintas (Traffic Engineering); adalah suatu tahap dari Rekayasa Transportasi yang menyangkut perancangan, perencanaan geometri dan operasi lalulintas dari segala macam jalan, jaringan jalan, terminal, tanah sekitarnya serta hubungan dengan jenis angkutan lain.
  • Institute of Civil Engineers, England memberikan definisi Rekayasa Lalulintas adalah sebagai bagian dari kerekayasaan yang berhubungan dengan perencanaan lalulintas dan perencanaan jalan, lingkungan dan fasilitas parkir dan dengan alat-alat pengatur lalulintas guna memberikan keamanan, kenyamanan dan pergerakan yang ekonomis bagi kendaraan dan pejalan kaki.
 2. Definisi dari Institute of Transportation Engineer, USA dapat diambil bagian-bagian penting dari transportasi, yaitu
  • Angkutan adalah perpindahan barang dan atau orang dari suatu tempat (Asal atau Origin) ke tempat lain ( Tujuan atau Destination) untuk memperoleh nilai tambah.
  •   Lalulintas adalah pergerakan dari sarana-sarana angkutan pada waktu kurang lebih bersamaan disuatu tempat dalam ruang lalulintas.
  • Transportasi adalah kesatuan pengertian dari angkutan dan lalulintas.
  •  Dalam pengertian 'Angkutan' yang menjadi pokok pengertian/pembahasan adalah 'Muatan' sedangkan dalam lalulintas sesungguhnya merupakan wujud fisik nyata dari angkutan.

3. Ruang lingkup Rekayasa lalulintas dalam prakteknya mencakup 5 bagian penting sebagai berikut:
  • Studi Karakteristik Lalulintas
Ø  Faktor-faktor kendaraan dan manusia
Ø  Volume lalulintas, kecepatan dan kerapatan
Ø  Arus lalulintas, kapasitas jalan dan persimpangan
Ø  Pola perjalanan, faktor pertumbuhan dan asal-tujuan lalulintas
Ø  Faktor-faktor mengenai parkir dan terminal
Ø  Pelayanan fasilitas dan pemakaiannya
Ø  Analisis kecelakaan lalulintas
  • Perencanaan Transportasi meliputi
Ø  Studi transportasi regional
Ø  Perencanaan jangka panjang mengenai jaringan jalan, sistem transportasi umum, terminal dan parker
Ø  Perencanaan khusus pembangunan, peningkatan atau penyebaran kembali lalulintas
Ø  Studi tentang dampak lingkungan
Ø  Penelitian faktor-faktor sistem transportasi dan perilaku pemakai jalan pada suatu sistem lalulintas.
  •  Perencanaan Geometrik Jalan
Ø  Penerapan rekayasa lalulintas pada perencanaan geometrik jalan meliputi:
Ø  Perencanaan jalan baru, dimana jumlah kendaraan yang direncanakan akan melaluinya serta kecepatan rencana, direncanakan pada analisis rekayasa lalulintas, demikian juga dengan perencanaan alinyemen horizontal, vertikal, kelandaian, kemiringan dan potongan melintang jalan.
Ø  Perancangan ulang jalan dan persimpangan lama untuk meningkatkan kapasitas dan keamanan.
Ø  Perencanaan parkir dan terminal
Ø  Penetapan standar-standar untuk jalan raya.

  • Operasi lalulintas
                Operasi lalulintas dilaksanakan oleh pejabat yang berwenang dengan cara menerapkan alat-alat kontrol lalulintas agar sesuai dengan standar dan ketentuan lainnya. Penerapan dapat dilakukan melalui:

Ø  Peraturan Perundang-undangan
Ø  Alat-alat kontrol
Ø  Standar dan ketentuan
  • Administrasi
                Untuk mencapai tujuan dari rekayasa lalulintas dibutuhkan sejumlah administrasi yang meliputi:
Ø  Organisasi yang berwenang menjalankan tugas pengaturan lalulintas
Ø  Kantor pelaksana harian
Ø  Hubungan antar instansi terkait
Ø  Administrasi lanjutan yang mengelola anggaran, kebutuhan personil untuk perubahan administrasi atau organisasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 11 : etika profesi

Tugas : etika profesi

Tugas : etika profesi